Shingeki no Kyojin (Attack on TItan)


Dua tahun yang lalu, tepatnya bulan April 2013, dirilis sebuah serial anime dengan cerita pertarungan antara umat manusia dengan raksasa. Ya, anime yang saya maksudkan tentu saja Shingeki no Kyojin atau yang dikenal juga dengan sebutan Attack on Titan.
Meskipun saya yakin banyak yang tak sependapat dengan judul postingan ini, namun artikel ini semata-mata merupakan opini pribadi mengenai salah satu Anime yang paling berkesan bagi saya.
Lantas apa yang membuat saya merasa berkesan ? Nanti akan saya ulas di sesi Review Anime Shingeki no Kyojin ini.

Data Anime Shingeki no Kyojin

Judul: Shingeki no Kyojin (進撃の巨人)
Nama Lain: Attack on Titan
Episodes: 25 (S1)
Status: Selesai Season 1, 2016 Season 2
Release: 7 April 2013 ~ 29 September 2013
Produser: Production I.G, FUNimation EntertainmentL, Mainichi Broadcasting, Pony Canyon, Kodansha, Mad Box, Pony Canyon Enterprises, Wit Studio, Shingeki no Kyojin Team
Genres: Action, Drama, Fantasy, Shounen, Super Power

Sinopsis Anime Shingeki no Kyojin

Lebih dari seabad lalu, manusia menghadapi musuh yang baru. Perbedaaan kekuatan yang dimiliki manusia dengan musuh baru itu sangatlah besar. Manusia pun membangun 3 buah dinding besar yang di beri nama : Maria, Rose, dan Sina.
Mereka merasa aman dari serangan musuh barunya tadi, tapi pada tahun 845 dinding yang memberi kedamaian itu telah di jebol. Manusia kini menghadapi ketakutan, ketakutan akan Titan (Raksasa).

Cerita Anime Shingeki no Kyojin

Depan : Eren Jeager, Cewek: Mikasa Ackerman
Kiri: Armin Arlert, Kanan : Levi Ackerman
Eren Jeager, seorang anak laki-laki kecil yang memiliki impian untuk bisa pergi ke luar dinding dan mengenal luasnya dunia. Dia bersama temannya, Armin, benar-benar terobsesi akan hal itu.
Namun karena di luar dinding tersebut ada banyak raksasa yang bisa memakan manusia, maka tidak ada manusia yang diperbolehkan ke luar dinding kecuali para pasukan pengintai yang bertugas untuk memburu dan mencari informasi mengenai raksasa.
Jadilah Eren kecil bercita-cita untuk bisa menjadi salah satu dari para prajurit pasukan pengintai tersebut.

Serangan Raksasa dan Kematian Ibu Eren

Manusia  terbiasa dan merasa nyaman karena  para raksasa tidak kunjung bisa menembus dinding besar yang mereka bangun untuk melindungi warga. Namun suatu hari, ada seorang raksasa kolosal yang berhasil menghancurkan dinding tersebut.
Dinding terluar telah hancur, para raksasa yang lain pun akhirnya bisa masuk dan mengacak-ngacak pemukiman. Sebagian besar penduduk meninggal dalam insiden tersebut, termasuk ibunya Eren.
Sejak itu, impian Eren untuk bergabung dengan pasukan pengintai semakin menggebu-gebu karena dia ingin untuk membunuh para raksasa, untuk membalaskan dendam kematian ibunya.

Rahasia Ayah Eren

Singkat cerita, Eren berhasil bergabung dengan pasukan pengintai setelah mengalami pelatihan terlebih dahulu sebelumnya.
Momen berharga bagi Eren itu dirusak oleh satu lagi raksasa yang tiba-tiba masuk ke pemukiman. Dalam kekacauan ini, Eren sempat tertelan oleh raksasa setelah menyelamatkan Armin sebelumnya.
Namun Eren berhasil selamat karena tanpa diduga dia bisa berubah menjadi raksasa. Meskipun ia berhasil menolong umat manusia dengan mengalahkan banyak raksasa, tapi nyawanya justru dalam ancaman.
Dia sempat dicap pengkhianat karena dianggap menyembunyikan kemampuannya tersebut. Namun Eren mengelak dan beralasan kalau hal ini merupakan hasil perbuatan ayahnya sewaktu dia masih kecil.

Munculnya Raksasa Wanita Misterius

Titan-Wanita-Annie-SnK
Singkat cerita, Eren selamat dari hukuman mati. Dia pun bisa bergabung dengan pasukan pengintai di bawah pengawasan Levi.
Dalam ekspedisi pertamanya, mereka harus bertemu dengan raksasa wanita misterius yang mempunyai tingkat kecerdasan lebih tinggi dibanding raksasa lainnya.
Di akhir anime ini, mereka berhasil mengetahui orang yang bisa berubah menjadi raksasa wanita tersebut. Tidak lain Armin lah yang dapat memecahkan teka-teki itu.

Review Anime Shingeki no Kyojin

Attack on Titan, judulnya aja udah bikin gempar. Di penghujung episode pertama anime ini, saya sudah yakin kalau ini bukan anime sembarangan.
Beberapa hal unik akan kita temui dalam anime Shingeki no Kyojin ini, yang paling sederhana tentunya penamaan dan penggambaran karakter yang sepertinya berasal dari berbagai negara di pelosok bumi. Malah dikit banget jepang-jepangnya.
Selain itu, soundracknya pun menggunakan bahasa asing, sepertinya sih bahasa Jerman.
Penggambaran para raksasa dalam anime SnK ini juga selayaknya diacungi jempol. Dan yang paling menarik adalah adegan aksi para pasukan pengintai yang melayang kesana-kemari menggunakan 3D Manuver Gear.
Oh iya, pemilihan seiyuunya juga sepertinya sangat tepat. Kaji Yuuki ternyata bisa lebih menjiwai karakter Eren yang penuh semangat, akan berbanding terbalik dengan perannya dalam Anime Durara!! sebagai seiyuu Yumasaki Walker.
Selain itu juga Kamiya Hiroshi yang mengisi suara Levi merupakan satu pilihan tepat. Mungkin hanya Kamiyan yang layak untuk menyuarakan karakter keji yang satu ini.
Rasa-rasanya sulit menemukan kekurangan dalam anime keren yang satu ini. Mungkin kekurangan paling menonjol adalah art work nya yang bagi sebagian orang tidak nyaman dilihat.
Memang arsiran dalam manganya pun terkesan suram dan kelam, namun saya tak melihat itu sebagai poin minus.  Toh mungkin kesan kelam ini disengaja untuk memperkuat story SnK ini sendiri, yang menggambarkan kehidupan kelam umat manusia di bawah ancaman titan.
Share this Post

About Penulis

Saya hanyalah seorang yang gemar menonton Anime, Membaca Manga, dan Menyukai hal hal berbau teknologi. Saya hanyalah seorang penyuka Komedi.

0 komentar :

Catat Ulasan