Begini Cara Orang Tua Mendidik Anak di Jepang

Anak merupakan mahluk yang lucu, yang tidak boleh banyak dilarang, supaya tidak menghambat kreativitasnya. Padahal justru sejak kecil mereka harus dididik untuk memahami aturan yg ada. Memang setiap keluarga punya aturan dan kebiasaan masing-masing dalam Mendidik anak. Lalu bagaimana cara Orang Tua di Jepang dalam Mendidik anak???
Orang tua di Jepang, menerapkan kedispilinan pada anak sejak dini. Mereka tidak segan-segan menghukum bila anaknya nakal, Anak2 tidak pernah dimarahi dimuka umum,, mereka akan ditegur dan dihukum saat berada di rumah, Anak2 diJepang jarang bersikap seenaknya, karena mereka tau konsekwensinya, jika melanggar aturan. Anak-anak juga diajarkan untuk berempati pada semua orang. Setiap orang tua selalu berkata kepada Anaknya
” Perlakukan orang lain, seperti kamu ingin diperlakukan” setiap tindakan selalu akan membawa akibat kepada orang lain, jadi anak terbiasa mementingkan perasaan orang lain terlebih dahulu, sebelum kepentingannya sendiri.
Kalau kita makan dirumah atau di Restorang, tidak ada anak yg hilir mudik, berjalan kesana kesini. semua duduk dibangkunya masing-masing, etika itu dibuat sejak dini dan dilanjutkan ke bangku sekolah, Anak-anak diajari untuk meminta ijin dulu sebelum meminjam mainan temannya. Dianjurkan untuk bersikap sopan dan tersenyum (egao), membiasakan mengucapkan kata-kata tolong (onegaisimasu) dan Terima kasih serta meminta maaf bila melakukan kesalahan.



Anak-anak juga dibiasakan untuk Antri, misalnya di Toilet tidak boleh menyerebot antrian, mereka harus belajar mengantri walau dengan orang Dewasa sekalipun. Untuk kurikulum di Sekolah Dasar, menekankan pentingnya Ber etika, sopan santun, dan menghargai waktu, kelihatannya kasihan sekali ya..,?

Iya itulah cara Orang tua di Jepang dalam Mendidik anak..
Sekali lagi bukan bermaksud membandingakan, disini kami hanya ingin agar Anak-anak terutama di Tanah Air menjadi Anak yg baik, dan bertanggung jawab, paling tidak untuk diri sendiri, tugas kitalah orang tua tuk menjadikan generasi Indonesia dimulai sejak dini.
Share this Post

About Admin

Saya hanyalah seorang yang gemar menonton Anime, Membaca Manga, dan Menyukai hal hal berbau teknologi. Saya hanyalah seorang penyuka Komedi.

0 komentar :

Catat Ulasan